Basa Rinengga

Basa Rinengga
Seperti yang pernah Anda lihat dan dengarkan dalam acara pengantin Jawa,  pembaca acara selalu menggunakan bahasa yang indah dan meresap di hati. Itulah yang disebut Basa Rinengga. Tidak hanya dalam acara pengantin, Basa Rinengga juga digunakan dalam sastra, lagu, puisi, pewayangan dsb. Basa Rinengga tersusun atas 2 kata yaitu Basa yang berati bahasa, Rinengga yang berarti dihias.
Basa Rinengga merupakan bahasa yang disusun atau dihias agar menjadi indah dan meresap dihati. Sedang penempatan kalimat yang indah, bisa di sebagian pembuka, di selipkan di dalam isi paragrap, atau di akhir paragraf. Selain itu keindahan Basa Rinengga didukung beberapa hal yaitu bagus penyusunnya, penataan kata dan kalimat, runtut, pemilihan kata, serta sesuai situasi dan tempat. Basa Rinengga bertujuan untuk menambah keindahan kalimat. 

Basa Rinengga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
1.      Tembung saroja
2.      Tembung entar
3.      Wangsalan
4.      Paribasan
5.      Bebasan
6.      Saloka
7.      Purwakanthi
8.      Parikan
9.      Pepindhan

Contoh Basa Rinengga dalam pembukaan suatu acara:
Para rawuh ingkang minulya, para pinisepuh pepundhen ingkan pantes sunurdarsana, para pangembat pangembating praja satriyaning Nagari ingkang tuhu luhure budi, para manggalaning ngayuda ingkang hambeg mahambara, tuwih sagung para tamu kakung miwah putri, keparenga kawula sowan ing ngrasa panjenengan sami, minangka talanging atur panjenenganipun bapak ……………. anggenipun kagungan kersa…………………

Mohon maaf bila ada kesalahan. Terima kasih.

Post a Comment

3 Comments