Pengertian Hasil Belajar



hasil belajar
Sumber Gambar
Dalam setiap usaha, harapan akhir secara umum dapat disebut hasil. Usaha tanpa hasil merupakan seseuatu yang tidak diharapkan oleh siapapun. Tentunya hasil yang ingin didapatkan ketika orang berusaha adalah hasil yang optimal dan memuaskan. Begitu halnya dengan Belajar. Sesuah proses belajar akan mengharapkan hasil yang secara umum dikatakan sebagai hasil. Belajar. Lalu apakah pengertian Hasil Belajar yang sebenarnya??
Banyak ahli yang merumuskan definisi hasil belajar dari sudut pandang yang berbeda. Pengertian hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya, sedangkan menurut Gagne hasil belajar harus didasarkan pada pengamatan tingkah laku melalui stimulus respon (Sudjana, 2005:19). Menurut Oemar Hamalik (2007:31) mengemukaan bahwa hasil belajar pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi, ablititas dan keterampilan. menyatakan hasil belajar sebagi salah satu indikator bagi mutu pendidikan dan perlu disadari hasil belajar adalah bagian dari hasil pendidikan.
Hasil belajar tampak sebagai perubahan tingkah laku pada diri siswa yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, misal dari tidak tahu menjadi tahu, sikap kurang sopan menjadi sopan dan sebagainya (Oemar Hamalik, 2007:155). Hasil belajar dapat dijelaskan dengan memahami dua kata yang membentuknya, yaitu hasil dan belajar. Pengertian hasil menunjukkan pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang mengakibatkan berubahnya input secara fungsional. Alat ukur untuk mengukur hasil belajar yaitu berupa nilai.
Nilai merupakan hasil dari proses penilaian. Nilai diperoleh dengan mengubah skor dengan skala acuan tertentu. Oleh karena itu, nilai hanya dapat dimaknai dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dengan skala dan acuan yang digunakan. Menurut Purwanto (2009:204), penilaian berhubungan dengan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan didasarkan pada nilai. Skor pengukuran hasil belajar menjadi bermakna dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan setelah di ubah menjadi nilai. Bilangan skor hasil belajar itu belum mempunyai makna apa pun dalam pengambilan keputusan pendidikan sebelum diubah menjadi nilai.

Post a Comment

0 Comments