Win and Lost



win and lose
Sekedar CoretanQ. Siang hari di tepi pantai yang elok seekor tikus dengan santai berdiri mengenakan topi dan kacamata hitam. Dilihatnya pemandangan di sekeliling pantai sambil menikmati hembusan angin. Tak disangka datang seekor kucing yang akan memangsanya. Sang Kucing berkata “Hai Tikus jangan lari, aku mau memangsamu”. Jawab sang tikus “Aku tak akan lari, aku mau menantangmu bertarung. Kalau kamu berani ayo kita bertarung di lubang tempat tinggalku. Yang kalah akan jadi santapan yang menang, dan saya yakin saya akan menang”. Si kucing merasa tertantang. Fikir sang kucing “Dimanapun tempatnya dia tidak akan kalah dengan tikus”. Diturutinya kemauan sang tikus. Keduanya masuk ke dalam lubang tikus dan berduel disana. Apa yang terjadi?? Lima menit kemudian sang tikus keluar dengan membawa sebagian tubuh kucing.

Dilanjutkannya bersantai dan memandang keadaan pantai. Setelah tikus menggelar tikar dan memasang payung, datang seekor anjing yang akan memangsanya. Seperti sebelumnya, Sang Tikus mengajak bertarung di lubang tempat tikus tinggalnya. Yang kalah akan jadi santapan yang menang. Tanpa fikir panjang Si Anjing meng”iya”kan keinginan Tikus dan berfikir dimanapun tempatnya dia tidak akan kalah dengan tikus. Keduanya masuk ke dalam lubang tempat tikus tinggal. Sekarang apa yang terjadi?? Sepuluh menit kemudian Si Tikus keluar dan membawa sebagian tubuh Si Anjing.

Si Tikus kembali bersantai menikmati suasana pantai. Ia berbaring dengan menikmati segelas jus jeruk. Namun tidak berselang lama, datang seekor  rubah yang ingin memangsanya. Persis seperti sebelumnya, Si Tikus mengajak bertarung di lubang tempat tinggalnya. Yang kalah akan jadi santapan yang menang.  Tanpa berfikirlama, Si Rubah menyetujui apa yang dikehendaki Si Tikus yang menantangnya. Ia berfikir seperti Kucing dan Anjing “Dimanapun tempatnya Rubah tidak akan kalah bertarung dengan Tikus”. Masuklah keduanya ke dalam lubang tikus dan dua puluh menit kemudian keluarlah Si Tikus dengan membawa sebagain tubuh Si Rubah.

Pohon kelapa mulai melabai, matahari mulai terbenam, habis sudah waktu bersantai. Setelah merapikan payung dan tikar, Si Tikus melongok ke dalam lubang tempat tingglanya seraya berkata “Hai ayo keluar, hari mulai petang. Sudah cukup hari ini. Kita lanjutkan besok”.
Tak disangka keluarlah seekor Harimau dari lubang itu, besar sekali badannya. Si Harimau sambil menguap berkata “Iya, aku juga mau pulang. Aku sudah kenyang. Kerjasama kita sukses hari ini, kita makan kenyang dan aku tidak perlu bersusah payah berlari mengejar mangsa-mangsaku”.

1.  Bahwa The Winner selalu berfikir mengenai kerja sama sementara The Looser selalu bersifat sombong dan berfikir bagaimana menjadi tokoh yang paling berjaya dimanapun berada.
2.  Bahwa untuk membentuk ikatan persahabatan harus ada perasaan saling mengerti, kerendahan hati dan keikhlasan bekerja sama meskipun dengan orang yang kelihatannya tidak lebih baik dari diri kita. Mari kita berusaha menjadi lebih baik tanpa merasa lebih baik dari orang lain.

Semoga bermanfaat. Win and Lose


Post a Comment

0 Comments