Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

bau mulut
Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut. Mengalami bau mulut yang tidak tak sedap tentu bukan suatu hal yang diinginkan. Kondisi ini kadang membuat kita merasa minder dan kurang PD. Apalagi kegiatan yang kita lakukan membutuhkan banyak komunikasi. Jika anda mengalami hal tersebut perlu anda ketahui Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut. Memang banyak yang menjadi penyebab bau mulut dan oleh sebab itu bukan hal yang tidak mungkin jika anda pun dapat mengalaminya. Pada kesempatan kali ini kubuskecil akan memberikat beberapa informasi yang mungkin berguna untuk untuk kita.


 Beberapa Penyebab Bau Mulut :
1.      Tidak sarapan Pagi
Coba anda rasakan deh, jika tidak sarapan pagi biasanya mulai agak siang mulut kita menjadi bau. Dalam mulut itu ada bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut, dengan sarapan maka produksi air liur dalam mulut akan meningkat dan akan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu sarapan sangat berguna untuk pencernaan.
2.      Sariawan
Ketika anda sariawan biasanya terjadi infeksi di mulut dan akan menyebabkan nanah yang bisa berbau tidak sedap di mulut.
3.      Bakteri pembusuk
Bakteri yang tersembunyi di rongga mulut bisa menyebabkan bau mulut, dan ini biasanya penyebab paling umum dari bau mulut. Bakteri inilah yang membusukan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada sela-sela gigi. Bakteri ini memproduksi senyawa belerang yang sangat mudah untuk menguap.
4.      Merokok
Rokok selain menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya juga merupakan penyebab bau mulut yang sangat tidak sedap. Mohon Maaf (buat Anda yang Merokok) sebaiknya mulai sekarang berhentilah merokok demi kesehatan badan anda dan mulut anda.
5.      Penyakit tertentu
Bau mulut juga bisa disebabkan oleh sakit tertentu seperti radang tenggorokan, amandel, dan gangguan pencernaan.


Cara Menghilangkan Bau Mulut :
1.      Disiplin Menggosok Gigi
Menggosok gigi adalah cara yang sangat mendasar untuk menghilangkan bau mulut. Yang harus anda ingat adalah kedisiplianan dalam menggosok gigi. Terlalu sering juga tidak baik, terlalu jarang juga tidak baik. Gosok gigi sehari dua kali sudah cukup diwaktu pagi dan sebelum tidur. Untuk anda yang masih tidak disiplin, paksakan diri untuk disiplin menggosok gigi, karena penyesalan dari ketidakdisiplinan dalam menggosok gigi akan terasa nanti.
2.      Berkumur dengan Moutwash (Antiseptic)
Menggosok gigi saja masih menyisakan bakteri penyebab bau mulut. Memang menggunakan mouth wash juga belum bisa menjamin hilangnya semua bakteri, tapi dengan obat kumur maka akan mengurangi jumlah bakteri sehingga bisa menghilangkan bau mulut. Lakukan berkumur dengan obat kumur setelah anda menggosok gigi. Jika anda tidak memiliki obat kumur, berkumur dengan garam juga bisa menjadi alternatif obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.
3.      Mengkonsumsi Buah-Buahan
Penyebab bau mulut diantaranya adalah ketika dalam mulut kekurangan air liur atau mulut dalam keadaan kering. Dengan mengkonsumsi buah-buahan maka air liur dalam mulut akan meningkat karena buah-buahan mengandung banyak air dan vitamin C. Contoh buah-buahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah, pear, apel, jambu, lemon dan lain-lain. Serat buah yang tinggi juga bisa menjadi pembersih gigi.Selain itu buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.
4.      Minum Teh Hijau dan Berkumur  Daun Sirih
Meminum teh hijau bisa mengatasi bau mulut karena teh hijau mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Teh hijau sangat menyehatkan untuk tubuh dengan cara menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Sedangkan untuk daun sirih anda bisa merebeus beberapa helai daun sirih lalu pakailah air rebusannya untuk berkumur. Daun sirih akan memberikan efek hangat dan segar di dalam mulut karena ini merupakan mouth wash alami. Rempah lain seperti kayu putih,kayu manis, ketumbar, tarragon, mint, kapulaga dan rosemary juga dapat menangkal bau pada mulut.
5.      Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet merupakan cara tambahan untuk menjaga mulut dari bau yang tidak sedap. Dengan bahan dan kualitas yang baik bisa membantu membersihkan gigi kita, anda bisa mengunyah permen karet ketika mulut anda terasa bau. Mengunyah permen karet juga bisa menjadai sarana olah raga otot pipi supaya tetap kencang.


Semoga artikel kubuskecil mengenai Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut.

Post a Comment

0 Comments